Positioning

Positioning menurut Regis Mc Kenna (1985: 37) :
“Proses positioning harus dimulai dengan produk itu sendiri. Untuk mencapai product positioning yang kuat suatu perusahaan perlu melakukan diferensiasi dalam banyak faktor yaitu: teknologi, harga, kualitas, saluran distribusi atau sasaran konsumennya.”

Positioning menurut Yoram Wind, dalam Kotler et all (2003) :
"Positioning sebagai reason for being yaitu bagaimana mendefinisikan identitas dan kepribadian perusahaan di benak konsumen."
Positioning tidak hanya menumbuhkan citra dibenak konsumen, tetapi bagaimana merebut kepercayaan konsumen. Positioning juga merupakan janji yang dibuat perusahaan untuk konsumen, oleh karena itu perusahaan tersebut harus menepati janjinya karena merupakan bagian yang vital dan krusial bagi keberhasilan perusahaan.

Positioning menurut Kotler, Kartaiava, Huan dan Liu (2003) :
"Positioning sebagai the strategy for leading your customers credibly yaitu suatu strategi untuk membangun kepercayaan, keyakinan, dan kompetensi bagi konsumen."
Positioning adalah bagaimana perusahaan mendapat kepercayaan dari konsumen untuk produk-produknya.

Positioning adalah strategi yang digunakan oleh perusahaan untuk mendapatkan kepercayaan dengan mendeskripsikan identitas produk dipikiran utama konsumen.

Sumber :
http://saridewihidayani.multiply.com/journal/item/11?&show_interstitial=1&u=%2Fjournal%2Fitem
http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/04/peran-positioning-dalam-strategi.html
Back to Top