Komunikasi Pemasaran Terpadu

Komunikasi Pemasaran Terpadu adalah konsep perencanaan komunikasi pemasaran yang mempunyai nilai tambah dari perencanaan komprehensif dengan mengkaji peran strategis komunikasi seperti iklan, direct response, promosi penjualan, dan humas  dan memadukannya untuk meraih kejelasan pesan, konsistensi dan dampak komunikasi maksimal melalui keterpaduan pesan.




Kepopuleran IMC (Intergrate Marketing Communication) memunculkan paradigma baru dalam pemasaran. Bila sebelumnya terdapat jabatan sebagai manajer periklanan, manager promosi, manager penjualan, atau manager public relation, kini dikenal jabatan baru seperti manager promosi dan kehumasan, manajer komunikasi pemasaran,  atau general manager hingga vice president untuk bidang tersebut. Konsep IMC telah diperluas dari sekedar untuk kepentingan pemasaran secara sempit, menjadi lebih komprehensif dan menyentuh berbagai aspek terkait perusahaan.

Layanan Blackberry merupakan jenis layanan telekomunikasi baru bagi konsumen di Indonesia, dimana para pengguna akan mendapat layanan utama berupa push-mail, e-mail secara instan melalui layanan SMS, dan berbagai fitur lain yang memudahkan bagi pelanggan untuk berkomunikasi di sela-sela kesibukan melaksanakan aktivitasnya seperti voice SMS dan lain-lain. Telkomsel dan Indosat adalah operator telekomunikasi yang lebih dahulu memasarkan layanan Blackberry kepada pengguna telepon selular dan sejak awal tahun 2007 XL baru meluncurkan produk layanan Blackberry XL dengan berbagai kemudahan dan kelebihannya.

Oleh karena itu, XL harus memiliki strategi pemasaran tertentu yang mampu untuk menarik perhatian pelanggan terutama pelanggan bisnisnya, yaitu suatu Strategi Komunikasi Pemasaran berupa Komunikasi Pemasaran Terpadu (Integrated Marketing Communication/IMC).
Dalam proyek akhir ini akan dilakukan penelitian terhadap tiga aspek utama yaitu perilaku, persepsi, dan preferensi dari pelanggan Blackberry XL untuk kemudian dilakukan analisis terhadap ketiga aspek tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, ternyata bahwa program Komunikasi Pemasaran Terpadu (IMC) yang dilakukan selama ini belum dapat berjalan secara efektif, dimana awareness masyarakat terhadap layanan Blackberry XL tersebut masih perlu dibangun melalui berbagai program IMC yang dapat diimplementasikan. Berdasarkan sumber data yang dikompilasi dan hasil analisis terhadap ketiga faktor tersebut, maka dibuat rencana implementasi IMC dari layanan Blackberry XL.

Program IMC Blackberry XL terdiri dari 5 (lima) program Promotion Mix, yaitu Periklanan (Advertising), Promosi Penjualan (Sales Promotion), Humas Penjualan (Public Relation), Penjualan Personal (Personal Selling), dan Pemasaran Langsung (Direct Marketing). Implementasi tersebut kemudian dijadwalkan kedalam sebuah Time Line yang direncanakan untuk bulan Juli tahun 2008 sampai dengan bulan Desember 2008. Rekomendasi hasil penelitian proyek akhir ini adalah XL agar mengimplementasikan program IMC melalui dukungan berbagai aktivitas Promotion Mix sehingga dapat lebih fokus, berkesinambungan dan memenuhi tuntutan pasar yang sangat dinamis.
Back to Top